Selasa, 15 Juni 2010

Operating System Android



Android? Apaan tuh.. Kok kayak nama robot gitu... Yang dimaksud di sini bukan android yang itu. Android adalah nama operating system yang lagi hits nih... You know why? Lets find out...

Android merupakan salah satu sistem operasi untuk ponsel. Android tidak seperti sistem operasi ponsel biasa. Sistem operasi Android berbasis Linux. Ini memungkinkan para pengembang aplikasi membuat aplikasi secara bebas karena Android adalah sistem operasi yang terbuka (Open Operating System). Pada awal keluarnya, Android.Inc telah dibeli oleh pihak google yang notebene adalah penyedia mesin pencarian internet yang terbesar di dunia.

Android Operating System dirilis pada tanggal 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Ohya... Ada dua jenis Android lo.. Pertama, Android yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). Sejak pertama kali dikeluarkan, Android telah memiliki berbagai versi.

Yang pertama adalah Android versi 1.1 yang dirilis pada tanggal 9 Maret 2009. Android versi ini memiliki fungsi-fungsi dasar seperti pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android yang kedua adalah versi 1.5 atau yang dikenal juga bernama Cupcake. Dirilis pada bulan Mei 2009, selisih 2 bulan dari versi terdahulu. Versi ini terdapat pembenahan di berbagai sektor seperti Bluetooth yang sudah mendukung A2DP. Mendownload dan mengupload dari Youtube. Fungsi kamera yang lebih yahud dan lain-lain.

Android versi ketiga adalah Donut atau versi 1.6. Dirilis pada bulan September di tahun yang sama. Android yang terbaru adalah versi 2.0/2.1 alias Eclair. Diluncurkan pada bulan Desember 2009. Perubahan dilakukan di sektor hardware dan beberapa sektor software.

Itulah seluk beluk Android. Dan OS Android ini akan meramaikan operating system ponsel. Mampukah Android ini bertahan dan bersaing dengan OS yang lebih dulu dan lebih populer? Kita lihat nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar